CEK SEKARANG! Penentuan Prioritas PPPK Guru 2023 Kategori 1-4 Ada Konfirmasi Peserta, SEGERA SIMAK Selengkapnya

CEK SEKARANG! Penentuan Prioritas PPPK Guru 2023 Kategori 1-4 Ada Konfirmasi Peserta, SEGERA SIMAK Selengkapnya

Selasa, 19 September 2023

cpnspppk.org - Badan Kepegawaian Negara atau BKN telah mengumumkan alur seleksi CPNS dan PPPK 2023. Bagi pelamar PPPK Guru 2023 ada ketentuan khusus terkait penentuan prioritas seleksi, karena pada tahun ini ada kategori 1-4 yang ikut. Silahkan cek ketentuannya di artikel ini.


Pendaftaran PPPK Guru 2023 menjadi hal yang berbeda dari yang lainnya karena ada penentuan prioritas, yang mana bisa dilakukan konfirmasi langsung oleh peserta melalui SSCASN BKN terbaru seperti yang dikutip dari laman sscasn.bkn.go.id/alur pada 19 September 2023.


Berdasarkan pantauan pada rangkaian tahapan alur pendaftaran PPPK Guru 2023 di portal SSCASN BKN 2023, sistem tersebut akan melakukan penentuan prioritas untuk pelamar jenis ASN ini.


Berikut ketentuan dalam hal penentuan prioritas khusus untuk seleksi PPPK Guru 2023 dari kategori 1 sampai dengan kategori 4, yang mana secara khusus, pada tahapan ini ada proses untuk melakukan konfirmasi oleh peserta pelamar:


1. P1 wajib mendaftar sampai Resume.


2. P2 dan P3 tidak bisa turun status jika tidak ada formasi yang dibuka.


3. P4 bisa mendaftar ketika formasi untuk P4 masih tersedia.


4. P3 dan P4 bisa naik status menjadi P2 jika termasuk THK 2.


Salah satu hal yang menjadi perhatian khusus pemerintah pada pengadaan Calon ASN tahun anggaran 2023 adalah Pelamar kategori 1 pada jenis PPPK Guru 2023. Mengapa demikian?


Seperti apa yang dituliskan pada rangkaian alur seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja khusus guru tahun anggaran 2023 tersebut, beberapa hal dikecualikan untuk Pelamar Kategori 1, yaitu:


1. Pelamar Kategori 1 tidak akan mengikuti seleksi administrasi disaat jadwal penyeleksian administrasi secara umum pada seleksi pengadaan ASN PPPK Guru 2023.


2. Bagi pelamar P1 tidak mengikuti ujian seleksi kompetensi karena hasil seleksi menggunakan hasil seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021.


Sementara itu, secara umum, beberapa hal yang perlu untuk dilakukan baik untuk P1 sampai dengan P4 yaitu, wajib memiliki akun di portal SSCASN BKN 2023.


Proses pendaftaran akun untuk setiap pelamar PPPK Guru 2023 bisa diakses melalui link berikut: https://daftar-sscasn.bkn.go.id/akun.


Beberapa hal yang perlu untuk dilakukan pada portal tersebut adalah:


1. Pelamar akan mengisi NIK, No. KK, nama lengkap, tempat tanggal lahir, no handphone dan email.


2. Membuat Password akun SSCASN dan Pertanyaan Pengamanan.


3. Upload foto KTP maksimal 200 kb dan melakukan swafoto.


4. Pelamar wajib mencetak kartu informasi akun SSCASN BKN 2023.


Dapatkan Berita Terupdate dan Terlengkap cpnspppk.org di Google News DISINI